Rhoma Irama Ajak Fans dan Masyarakat Dukung Anies Baswedan, Benarkah?

Berita237 Dilihat

Baru-baru ini beredar kabar Raja Dangdut, Rhoma Irama mengajak semua fans dan masyarakat untuk mendukung bakal Calon Presiden (Capres), Anies Baswedan.

Klaim yang menyebut Rhoma Irama sekarang mengajak semua fans dan masyarakat mendukung Anies Baswedan beredar dalam video yang diunggah channel youtube bernama LIDAH RAKYAT.

“Konser Viva Dangdut Pecah
Rhoma Irama Ajak Semua Fans Masyarakat Dukung Anies Lewat NadaViral~,” tulis narasi unggahan video tersebut.

“DIIRINGI LAGU VIVA DANGDUT SONETA
RHOMA IRAMA GALANG SUARA AJAK SEMUA PENGGEMAR DUKUNG ANIES LEWAT NADA,” tulis thumbnail video tersebut.

Baca Juga:Peluang Timnas Indonesia U-23 Juara Piala AFF U-23 2023 Besar, Ini Sederet Alasannya

Lantas benarkah klaim Rhoma Irama ajak fans dan masyarakat dukung Anies Baswedan? Selengkapnya akan terjawab melalui artikel ini.

Penjelasan Cek Fakta

Beredar sebuah video dari channel youtube bernama LIDAH RAKYAT dengan narasi yang menyatakan bahwa Rhoma Irama ajak semua penggemarnya untuk mendukung Anies Baswedan saat konser.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa video dan foto dari peristiwa berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari detik.com berjudul “Buka Konser Bersama Anies-Sandi, Rhoma Irama Nyanyi ‘Viva Dangdut’” yang dimuat pada 2 Februari 2017.

Baca Juga:Andre Taulany Temui Prabowo Subianto, Sinyal Bakal Nyalon Lagi?

Thumbnail yang menampilkan Anies berada di paggung bersama Rhoma Irama tersebut identik dengan gambar unggahan pada artikel okezone.com berjudul “ADI 2016: Rhoma Irama Gandeng Zaskia Gotik Nyanyikan Haram” yang diunggah pada 6 Desember 2016.

Dalam foto aslinya idak menampilkan sosok Anies Baswedan, sehingga dapat dipastikan thumbnail tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto Rhoma Irama yang berduet dengan Zaskia Gotik di panggung Anugerah Dangdut Indonesia 2016.

Baca Juga  Jake Johnson and Gareth Reynolds’s Podcast, ‘We’re Here to Help,’ Blends Advice and Comedy

Berdasarkan ppenjelasan di atas, klaim bahwa Rhoma Irama ajak semua penggemarnya untuk mendukung Anies Baswedan saat konser tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Berdasarkan Penjelasan Cek Fakta, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi terkait Rhoma Irama ajak penggemarnya untuk mendukung Anies Baswedan saat konser.

Karenanya dapat disimpulkan tulisan ini disebut Konten yang dimanipulasi

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *