4 Hal Berikut Dapat Mengasah Empati Kamu

Berita212 Dilihat

Setelah mengetahui definisi empati, ciri-ciri, dan bagaimana manusia bisa merasakan empati. Apakah kamu sudah lebih paham mengenai empati terhadap orang lain? Mungkin kamu penasaran cara apa yang digunakan untuk mengasah rasa empati. Berikut 4 hal yang dapat mengasah rasa empati yang dilansir dari The New York Times. 

1 Berbicara dengan orang baru

“Bagiku, kunci dari empati adalah rasa penasaran.” ujar Jodi Halpern, psikiater  dan bioethics profesor dari University of California, Berkeley, yang mempelajari tentang empati. “Inikah kehidupan orang lain alami?” 

Kamu bisa mencoba seperti mulailah mengobrol dengan orang lain ataupun mengajak teman atau tetangga yang mungkin kamu tidak tahu secara lebih mendalam untuk makan siam. Kamu bisa tanyakan apa yang sedang mereka lakukan dan kehidupan apa yang sedang mereka jalani.

2 Coba rasakan kehidupan orang lain

“Jangan hanya melihat dari sisi orang lain saja, bagaimana jika kamu coba berada di sisinya?” Ujar Helen Riess, Psikiater di Harvard Medical School dan kepala ilmuwan Empathetics. 

Kamu bisa mencoba dengan misalnya pergi ke tempat ibadah seperti gereja, atau masjid dan selama beberapa minggu dan amati bagaimana kegiatan di sana. Bagaimana orang-orang memperlakukan diri mereka dengan sama dan setara, hal ini dapat menumbuhkan rasa empati dalam dirimu.   

3 Akui kita semua punya prasangka pada orang lain

Kita semua memiliki prasangka tertentu pada orang lain. Mengakui adalah tahap pertama dan tacking action adalah tahap kedua untuk menghadapinya. 

Claire Cain Miller penulis untuk the New York Times membagikan pengalamannya. Aku mulai: Aku datang untuk riset serta menulis artikel ini berdasarkan pengalamanku, privileges dan biases. Aku berusaha untuk merefleksikan berbagai sudut pandang di sini, namun aku juga yakin missed beberapa. Seperti yang kamu baca, cobalah untuk memikirkan pengalaman=pengalaman mu dan ambil yang paling relevan untukmu.

Baca Juga  akak jpam video twitter

4 Membela orang lain 

Terakhir hal-hal yang dapat mengasah empati adalah ketika kita membela orang lain. Empati dapat membantu kita untuk berbuat baik pada orang lain. Contohnya ketika dalam suatu Forum Group Discussion, setiap orang mungkin saja ingin memberikan pendapatnya. Namun biasanya ketika seseorang sedang berpendapat, pihak lain akan mudah untuk menginterupsi serta menyanggah. Di sini kamu bisa take action.

Ketika seseorang menginterupsi kamu dapat bilang: “Menurutku dia masih memberikan idea nya, pastikan dia memiliki kesempatan untuk menyelesaikan pembicaraan sebelum kita masuk ke cara selanjutnya. 

Itulah informasi mengenai empati mulai dari definisi hingga hal-hal yang dapat mengasah empati. Semoga dengan informasi ini kamu dapat terus menciptakan dampak positif terhadap kemampuan berempati yang kamu punya ya.

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *